Home » , » Permalink Apaan Sih?

Permalink Apaan Sih?

Apa itu permalink hayoo.. ?!

Memang Apa itu permalink? Nah lho..
Bagi pemula alias nyubi ato gaulnya newbie, permalink akan menjadi hal yang cukup asing. Tidak seperti para suhu blog dan ahli SEO. Tuentu sudah akrab dengan yang satu ini. Permalink mempunyai kedudukan yang lumayan penting dalam ikut andil berperan dalam menangkringkan [halah bahasa apa sih ini? :D] halaman kita di SE.
Mau tahu jawaban nya? :)
Jangan kemana-mana, simak setelah mengklik link yang satu ini :)

Permalink yang merupakan singkatan dari 'Permanent Link' merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Kita bicara di blogger lho ya... Permalink-nya WP dengan permalink-nya Blogger, jelas berbeda; meskipun pada prinsipnya tetap saja permalink :D
Jika pada WP kita bisa memilih beberapa tipe permalink, maka yang bergerak di platform blogger tidak bisa seleluasa itu. Tapi hal itu pada dasarnya tidak menjadi 'big problem'.

Yang mana permalink?

Perhatikan contoh berikut :

  1. http://thom-sharing.blogspot.com/2008/09/tips-memilih-dan-mengganti-template.html
  2. http://thom-sharing.blogspot.com/
  3. http://thom-sharing.blogspot.com/2008/09/u-comment-i-follow-backlink-pagerank.html

Nah yang dimaksud permalink ada yang point ke-1 dan ke-3. Sementara yang point ke-2 merupakan alamat URL. URL adalah Uniform Resource Locator yakni sebuah alamat web yang unik dan tidak sama antara satu URL dengan URL lainnya. Yang masuk pada kategori ini yaitu nama domain (website/situs, blog).

Kalau boleh mengutip postingan mas hakim,

...gabungan dari URL/link dan struktur kalimat yang terpotong dengan tanda slash (/) dan dash (-) tersebut merupakan URL spesifik sebuah content/posting blog yang disebut permalink. Permalink merupakan suatu susunan unik yang selalu berbeda dengan permalink lainnya meski dalam satu URL, dan jika sebuah permalink telah publish maka dia tidak bisa diganti (edit) lagi, sesuai dengan namanya permalink yang berarti permanent link...

Permalink di blogger 
Jika dilihat dari struktur, secara garis besar WP dan blogger tak mempunyai perbedaan. Perbedaannya mungkin terletak pada permalink WP bisa dikostumisasi sedang di blogger tidak. Itu saja. Biasanya, judul postingan merupakan bagian dari permalink. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika memperhatikan point berikut :

Jangan terlalu berharap pada blogger untuk memberi permalink yang 'sama persis dengan judul postingan'. Blogger akan 'menyunat' judul tersebut jika judul tersebut terlalu panjang. Dari pengamatan thom, permalink blogger hanya akan diambilkan kata-kata dari judul maksimal [rata-rata] 5 [jika kata-kata yang dipakai tersebut puanjang] sampai 6 kata pendek. Jadi, ada baiknya memberi judul yang singkat, padat, jelas dan strategis. Maksudnya strategis itu berada di kawasan yang ramai eh mengandung keyword namun juga mencerminkan isi.
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2011. Frozer Files . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger